• Al-Amjad

Pelatihan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Al-Amjad


Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Al-Amjad mengikuti pelatihan khas Al-Amjad pada tanggal 14 Juni 2016 yang bertepatan juga dengan bulan suci Ramadhan. Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi antar sesama guru dan tenaga kependidikan, juga untuk menyatukan visi, misi, dan tujuan perguruan juga yayasan.

Pelatihan ini diikuti oleh 48 peserta yaitu guru dan tenaga kependidikan dari tingkat Playgroup/TK, SD, dan SMP. Pelatihan ini mencakup beberapa topik yang terdiri dari Bagaimana Menjadi Seorang Guru Idaman, Program Literasi, dan Integrasi.

Pelatihan ini dibuka dengan kata sambutan oleh Anggota Pembina, H. M. Agustiar, ST., kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai visi, misi, tujuan, dan struktur organisasi oleh Ketua Pengurus Yayasan, Fadhullah, SE. Selanjutnya penjelasan mengenai sistem dan administrasi oleh Advisor Manajemen dan Akuntansi, Drs. H. Jumiadi Abdi Winata, A.k, M.Sc.

Kemudian pelatihan dilanjutkan dengan topik Menjadi Seorang Guru Idaman yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S dan Drs. Jamal Husein Harahap, M.Pd. Pada topik ini setiap guru dituntut untuk semakin aktif dan menjadi seorang guru yang dirindukan oleh peserta didik.

Pelatihan berikutnya adalah mengenai program literasi yang disampaikan oleh Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd. Pelatihan literasi ini adalah sebagai perwujudan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Program literasi ini akan diimplementasikan di Perguruan Islam Al-Amjad yang mana programnya adalah setiap hari sebelum mulai pembelajaran, peserta didik akan melakukan kegiatan membaca selama 15 menit selain dari buku mata pelajaran (buku cerita, ilmu pengetahuan, majalah, artikel, dan media lainnya yang disesuaikan dengan umurnya). Setiap hari juga, setiap sore, peserta didik akan menulis tentang pengalaman yang didapatkannya selama satu hari di sekolah. Program ini akan merangsang minat anak untuk membaca sehingga menambah pengetahuan anak tersebut dan merangsang anak untuk bercerita yang membuat mereka menjadi semakin kreatif.

Pelatihan berikutnya adalah pelatihan integrasi yang disampaikan oleh Kepala SMP Al-Amjad, Engran Ispandi Silalahi, S.Pd yang menjelaskan tentang integrasi ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadits. Integrasi ini menunjukkan bahwa setiap ilmu pengetahuan bersumber dari Al-Quran dan sebagai muslim yang taat kita harus mengimani serta melaksanakannya.

#alamjad #guru #tenagapendidik #pelatihan #training

Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.