• Al-Amjad

Mengenal Profesi Pemadam Kebakaran, PG-TK Al-Amjad Kunjungi Kantor Damkar


PG-TK Islam Al-Amjad melakukan field trip dengan mengunjungi kantor Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Kota Medan, Selasa (13/2). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada profesi pemadam kebakaran.

Setelah perkenalan yang disambut penuh antusias oleh Bapak-Bapak petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), kegiatan dimulai dengan penjelasan hal-hal penyebab kebakaran. Para siswa menyimak dengan antusias ketika dijelaskan tentang alat-alat yang digunakan dalam proses pemadam kebakaran, serta bagaimana cara menggunakan masing-masing alat.

Setelah duduk manis mendengar penjelasan Bapak-Bapak Damkar berseragam oranye, situasi kembali riuh ketika kegiatan berlanjut pada simulasi memadamkan api. Secara bergantian, beberapa kelompok siswa pun mendapat kesempatan untuk memegang selang besar dan mengarahkan selang ke arah api yang menyala. Tentunya, dengan seragam khas berwarna oranye seperti Pak Damkar punya.

Akhirnya, saat yang dinanti tiba. Seluruh siswa diajak naik ke dalam mobil besar pemadam kebakaran. Mereka pun berkeliling sejenak dengan mobil merah itu. Tak ketinggalan pula suara khas sirene mobil damkar yang membelah udara. Sontak para siswa menjadi semakin bersemangat.

Kegiatan field trip seperti ini memiliki beberapa manfaat. Selain memperkenalkan profesi, para siswa secara aktif akan menggunakan panca indera dalam mengamati serta melakukan simulasi sebagaimana yang diterangkan oleh para profesional.

Berikut beberapa potret keseruan dari kegiatan field trip PG-TK Al-Amjad ke Kantor Damkar.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.