• Al-Amjad

Pesantren Ramadan di Al-Amjad, Ajang Pengayaan Aqidah Siswa-Siswi


Siswa-siswi SD dan SMP Islam Al-Amjad mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1439 H sebagai sarana pengayaan pemahaman aqidah dan meningkatkan ibadah selama Ramadhan.

Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah mengatakan bahwa sanlat merupakan kegiatan tahunan di Al-Amjad agar siswa lebih termotivasi untuk meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan.

"Melakukan ibadah bersama teman-teman merupakan salah satu cara yang efektif agar anak-anak mau melakukan ibadah dengan ringan hati. Diharapkan agar apa yang mereka dapat dari kegiatan menginap di sekolah ini, bisa diterapkan di kehidupan mereka, baik di Ramadhan yang tersisa 14 hari lagi, maupun setelah Ramadhan," ujar Fadhul, Sabtu (2/6).

Mengambil tempat di Perguruan Islam Al-Amjad, Sanlat tahun ini diadakan selama tiga hari yakni pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh siswa. Di antaranya ialah tarawih, tadarus, ceramah agama dari ustadz, salat berjamaah, sahur dan buka puasa bersama, kultum yang disampaikan oleh teman siswa, games dan nonton bareng film Islami.

Selain itu, tentunya ada penyampaian berbagai materi berkaitan dengan pengayaan ilmu agama. Pada hari pertama, materi yang disampaikan ialah thaharah atau bersuci. Di hari kedua, ada tiga materi yang disampaikan secara terpisah yakni mengenai ma'rifatullah dan ma'rifaturasul, pentingnya pendidikan Islam, serta motivasi belajar.

Adapun di hari terakhir, materi yang disampaikan adalah birrul wallidain atau berbakti kepada kedua orang tua. Tak ketinggalan, muhasabah dan pentas seni Islam yang dilaksanakan sebelum acara penutupan.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.