• Al-Amjad

Mahasiswa Filipina Praktik Mengajar di Al-Amjad


SMP Islam Al-Amjad kedatangan mahasiswa dari University of Santo Tomas (UST) Filipina yang sedang mengikuti program SEA Teacher, yakni program pertukaran mahasiswa ilmu pendidikan di Asia Tenggara. Keenam mahasiswa tersebut akan terlibat langsung untuk mengajar mata pelajaran matematika di SMP Al-Amjad selama sebulan ke depan.

SEA Teacher merupakan program yang diinisiasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa ilmu pendidikan untuk mendapatkan pengalaman mengajar di sekolah- sekolah di luar negara asalnya di Asia Tenggara. Pertukaran mahasiswa ini diharapkan akan mengembangkan kemampuan mengajar, mendorong keterampilan bahasa Inggris dan memfasilitasi agar mereka memiliki wawasan regional dan global.

Ketua Pengurus Yayasan Haji Hasballah Yunus (YHHY) Fadhullah menjelaskan bahwa kedatangan mereka disebabkan oleh adanya kegiatan pertukaran mahasiswa tingkat akhir antara UST dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), yang kemudian memilihkan Al-Amjad sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mereka.

“Ini merupakan momen langka. Kami berharap kalian sebagai guru tamu bisa memberikan perubahan yang baik. Tentu saja kita berharap kerja sama ini dapat terus berjalan, agar UMSU untuk seterusnya mengirim guru lain dari Asia Tenggara ke Al-Amjad,” ujarnya pada acara penyambutan program SEA Teacher di pelataran Perguruan Islam Al-Amjad, Senin (7/8/2018). Dalam praktiknya di Al-Amjad, keenam mahasiswa tersebut turut didampingi tim dari UMSU.

Selama seminggu ke depan, mereka akan melakukan orientasi dan observasi kelas. Pada minggu kedua dan ketiga, mereka dipersilakan untuk menjadi asisten pengajar dan turut mengajar di kelas, tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris. Adapun untuk minggu terakhir, selain mengajar di kelas, kegiatan akan diisi dengan refleksi serta membuat best practices dan lessons learned. Keseluruhan kegiatan ini tentunya akan dimonitor secara kontinu dalam bentuk self report dalam blog personal dan form evaluasi dari mentor yang mendampingi.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.