• Al-Amjad

Ayo Berbahasa Inggris


Banyak yang enggan memulai berbahasa Inggris. Entah karena ragu atau malu karena belum lancar berbahasa Inggris. Padahal jika tidak dimulai, bagaimana bisa menguasainya?

Yoffi Andinata, seorang dosen sekaligus entrepreneur, memberikan sebuah sesi bagi para guru dan staf di Perguruan Islam Al-Amjad untuk lebih percaya diri berbahasa Inggris. Ia juga berbagi trik yang bisa dilakukan orang awam agar menguasai bahasa tersebut. Dia mengatakan bahwa orang yang belum fasih berbahasa Inggris perlu menyingkirkan segala perasaan negatif seperti malu, minder dan ragu.

Semua ini bisa hilang dengan adanya persiapan dan latihan. “Practice is important. Jadi penting sekali untuk membuat jadwal khusus latihan setiap harinya. Enggak perlu lama, yang penting rutin. Jangan jadikan ‘tidak ada kawan’ sebagai alasan,” ujarnya dalam pelatihan ‘Three Keys to Speak English Easily’ di Perguruan Islam Al-Amjad, Sabtu (29/9/2018).

Yoffi menyampaikan bahwa kemampuan berbahasa internasional amat penting dengan adanya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka pasar global, termasuk dalam bidang ketenagakerjaan. Menurutnya, SDM Indonesia akan sulit bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri jika tidak berupaya meningkatkan kualitas diri, termasuk dengan menguasai bahasa Inggris. “Jadi ini tiga kunci supaya bisa berbahasa Inggris dengan cepat. Pertama, ubah cara pandang. Kita harus berpikir bahwa bahasa Inggris itu mudah dan kita bisa menguasainya. Kedua, latihan. Yang terakhir sabar dan telaten untuk terus mengulang,” katanya.

Menurutnya, banyak orang yang malas rutin latihan, padahal latihan memegang peran paling penting dari penguasaan bahasa. Latihan untuk pemula bisa dilakukan dengan menerjemahkan sebuah teks sederhana. Selain itu, membaca dengan suara besar dan perlahan mampu memperbaiki pelafalan dan melatih pendengaran. Terakhir, ia menambahkan bahwa menyanyi lagu bahasa Inggris yang bertempo lambat juga merupakan sebuah bentuk latihan yang patut dicoba karena menyenangkan dan mudah diaplikasikan bagi banyak orang.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.