top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Al-Amjad Ramadan Night, 1001 Khidmat Malam Ramadan di Al-Amjad

Salah satu hal yang paling dirindu saat ramadan tiba adalah suasana bermalam di sekolah. Tahun ini merupakan tahun pertama Al-Amjad Kembali mengadakan Malam Bina Iman dan Takwa setelah pandemi usai. Kali ini nama kegiatan pesantren ramadan mengalami penyegaran menjadi “Al-Amjad Ramadan Night”. Bukan tak beralasan menggantikan nama kegiatan yang bertahun-tahun sudah melekat, tetapi inovasi ini telah direnungkan sebagai gambaran warna dan semangat baru peserta didik menghidupkan malam-malam terakhir bulan ramadan dengan bermalam di Al-Amjad.


Mengawali dengan “Cukup”


Cukup yang berarti tidak kurang dan tidak pula berlebih. Kegiatan ini dimulai dengan buka puasa Bersama seluruh warga sekolah. Buka puasa tentunya lekat kaitannya dengan makanan dan minuman yang beragam jenisnya. Menyadari akan kebiasaan membuang-buang makanan saat berbuka yang sering tak bisa dielakkan, maka pada acara berbuka kali ini mengusung konsep kesederhanaan. Setiap peserta didik diarahkan membawa menu makanan berbuka yang cukup untuk dirinya dan tidak berlebih-lebihan jumlahnya.

Kata “cukup” juga ditujukan untuk barang bawaan yang disyaratkan hanya 1 tas ransel berisi pakaian serta barang-barang kebutuhan menginap seusai dengan peraturan yang ditetapkan.



Membudayakan Adab


Tak hanya melulu tentang ibadah, tetapi pesan yang tidak akan pernah bosan disampaikan dalam setiap kegiatan di Al-Amjad adalah penanaman Adab. Hal yang diutamakan dari kegiatan menginap di sekolah ini adalah bagaimana menanamkan karakter yang patuh terhadap tata tertib dan membudayakan adab berperilaku dan bertindak di tempat yang bukan rumahnya.


Setelah pembukaan acara dilangsungkan, guru menyampaikan adab-adab yang sepantasnya dilakukan oleh peserta didik selama bermalam di sekolah. Mulai dari Adab Makan, Adab Berperilaku dengan Teman, Adab di Toilet, Adab di Masjid, Adab Tidur, dan lain-lain.


Salat Wajib dan Sunah


Indahnya pemandangan saf salat berjamaah di lapangan utama menghiasi malam tersebut. Tampak seluruh warga sekolah dimulai dari peserta didik, guru, pengelola, serta staff pegawai dan Yayasan menjadi jamaah salat malam itu. Tausiyah sebelum tarawih juga menambah khidmatnya ibadah dibalut langit yang berbintang dengan warna jingga yang hampir usang.



Refleksi dan Renungan Bersama Wali Kelas


Sebelum tidur, seluruh peserta didik diberi kesempatan untuk refleksi Bersama wali kelas diawali dengan suguhan cerita menarik dan penuh makna yang diceritakan oleh wali kelas masing-masing dilanjutkan dengan bertukar pikiran dan pendapat mengenai isu-isu menarik serta kebiasaan-kebiasaan sehari-hari dan ditutup dengan tadarus bersama.



Tahajud, Muhasabah, dan Zikir Bersama


Inti dari kegiatan Al-Amjad Ramadan Night adalah menghidupkan malam ramadan dengan beribadah. Sungguh rugi jika tidur menjadi penghias malam-malam terakhir bulan suci ini. Oleh karena itu, kegiatan tengan malam dilanjutkan setelah peserta didik merebahkan diri sejenak. Tahajud bersama serempak dilaksanakan berjamaah pada sepertiga malam itu. Setelah selesai memunajatkan doa-doa, dilanjutkan kegiatan muhasabah dipandu oleh guru agar peserta didik dapat merenungkan kembali cela dalam diri yang mungkin tak sadar dilakukan dalam hidup sehari-hari. Sebelum sahur, muhasabah ditutup dengan zikir bersama dengan harapan ampunan dan keberkahan ibadah.



Sahur dan Subuh Berjamaah


Ciri khas bulan suci ramadan yang tak kalah menariknya dengan berbuka puasa adalah sahur. Tentunya sahur malam itu sangat berkesan di benak peserta didik karena dilaksanakan beramai-ramai dan di sekolah yang biasanya hanya mereka singgahi pada siang hari.

Menu sahur yang sudah disediakan oleh sekolah ditata rapi menambah ketertarikan dan menyirnakan kantuk semalaman.

Setelah sahur, seluruh warga kembali melaksanakan salat berjamaah dan Bersiap-siap melangsungkan penutupan acara.



Dalam penutupan disampaikan oleh ketua Yayasan Haji Hasballah Yunus, Fadhullah S.E., M.M., bahwa Al-Amjad Ramadan Night kali ini sangat diwarnai oleh antusias yang tinggi dari peserta didik. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini berjalan lancar dan tertib sesuai dengan esensi yang diharapkan yaitu pembiasaan ketakwaan dan peningkatan iman dalam beribadah dan juga beradab di manapun dan kapanpun.


Al-Amjad Ramadan Night akan menjadi sebuah kerinduan di benak peserta didik. Kegiatan ini menjadi penutupan ramadan yang indah di sekolah dengan harapan seluruh warga sekolah mendapat bekal ilmu dan semakin semangat beribadah di sisa hari ramadan yang tak lama lagi akan pergi meninggalkan semua.



Comments


bottom of page