top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Bebas Berkreasi, Memanen Karya Melalui Kolaborasi


Puncak asesmen pembelajaran tahun ajaran 2023/2024 dirayakan Al-Amjad dengan menggelar kembali acara Creative Expo bertajuk “unleash your creativity.” Acara ini merupakan satu kesatuan dari rangkaian kegiatan milad Al-Amjad. Dalam kemeriahannya, Expo dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut sejak 11 Juni 2024.



Al-Amjad tiada hentinya menciptakan wadah untuk menuangkan kreativitas tak berbatas dari seluruh peserta didiknya. Dalam kemeriahan Creative Expo yang dilaksanakan di akhir tahun ajaran ini, mulai dari TK sampai SMA berkolaborasi dalam menciptakan kreasi.


Acara ini menampilkan karya-karya hasil projek pembelajaran, pertunjukan seni di atas panggung, dan market day. Terdapat stand pameran hasil karya pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika, produk inovasi sains dan teknologi yang menunjukkan bahwa kreativitas bisa diterapkan dalam inovasi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, ada pula produk pembelajaran yang sarat dengan literasi dan penulisan kreatif, serta pertunjukan seni yang memukau di atas panggung seperti tari tradisional, musik, drama, story telling, shalawat, dan sebagainya.


Peserta didik juga menunjukkan kebolehan dalam mengasah keterampilan berwirausaha, berkomunikasi, bersosial, dan life skill lainnya dalam kegiatan market day pada expo tahun ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah makanan dan minuman beraneka ragam yang dijajakkan oleh mereka di stand bazarnya. Tidak hanya unit tertinggi SMA yang berjualan melainkan unit SD pun sangat antusias menarik perhatian pengunjung untuk membeli dagangannya.


Melalui kegiatan ini, Al-Amjad ingin menunjukkan kepada seluruh orang tua yang hadir bahwa peserta didik berupaya menyampaikan gambaran rangkaian proses pembelajaran sesuai dengan realita selama bersekolah dalam satu tahun ajaran melalui karya-karya mereka. Selain itu, karya-karya yang ditampilkan ini juga merupakan hasil panen karya dari rangkaian proyek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).


Pesan lain yang ingin disampaikan dalam kegiatan ini adalah pentingnya integrasi dan kolaborasi. Creative Expo menunjukkan kepada kita semua bahwa pembelajaran di Al-Amjad adalah kreativitas yang tidak terbatas yang akan terus berkesinambungan dan saling terintegrasi dari TK sampai ke SMA. Dalam momen selebrasi hasil pembelajaran ini diharapkan agar seluruh peserta didik saling bekerja sama menciptakan karya menakjubkan dan selalu menjunjung kekompakan.

Comments


bottom of page