top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Jumbara PMR Nasional ke-9

Salah satu kegiatan ikonik dari Palang Merah Remaja (PMR) di Indonesia ialah Jumpa, Bakti dan Gembira atau sering disebut "Jumbara". Sesuai namanya, kegiatan ini merupakan ranah silaturahmi antar anggota PMR se-Indonesia yang tentunya diwakili oleh putra-putri terbaik dari PMR se-Indonesia. Tak hanya berjumpa dan menjalin silaturahmi, namun para pemuda-pemudi yang hadir juga saling berbagi ide dan pengalaman, ditambah lagi kegiatan-kegiatan bakti dan bermanfaat serta hiburan interaktif yang tentunya akan mengasah pikiran dan kepemimpinan.



Kegiatan Jumbara Nasional ke-9 tahun 2023 ini diadakan di taman Agrowisata Way Handak tepatnya di Lampung Selatan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia. Setiap kabupaten/kota mengirimkan perwakilan masing-masing satu orang putra-putri terbaik dari tingkat SMA, SMP, dan SD. Putra/putri yang mewakili kabupaten/kota untuk menghadiri kegiatan Jumbara Nasional ke-9 ini tentu sudah diseleksi dari puluhan hingga ratusan sekolah di kabupaten/kota tersebut, sehingga tentunya putra/putri terbaiklah yang akan diberangkatkan ke Lampung Selatan untuk mengikuti acara ini.


Kota Medan juga mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti acara Jumbara PMR Nasional ke-9 ini. Kali ini siswa terbaik yang terpilih mewakili kota Medan dari tingkat SMP berasal dari SMP Al-Amjad dan didampingi oleh pembina PMR 103 SMP Al Amjad yaitu umi Nurul Anisah, S.Pd. Amanda Chayara Alima, yang akrab dipanggil Amanda berhasil mengungguli calon peserta lainnya di tingkat SMP dalam Seleksi Calon Peserta Jumbara PMR Nasional. Seleksi calon peserta Jumbara dilakukan dalam beberapa tahap dan diikuti dengan persiapan dan pelatihan lainnya. Setelah melewati tahap-tahap tersebut dengan serius dan juga dengan bimbingan terbaik umi Nurul Anisah, S.Pd. akhirnya Amanda berhasil mendapatkan nilai tertinggi di tingkat Madya dan dinyatakan layak mewakili kota Medan dari tingkat SMP untuk mengikuti kegiatan Jumbara PMR Nasional di Lampung Selatan.


Pelepasan peserta Jumbara PMR Tingkat Nasional Ke-9 Tahun 2023, dilepas oleh Bapak Rahmat Shah selaku Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara , pada Rabu, 28 Juli 2023 bertempat di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery yang dihadiri oleh para pengurus PMI mulai dari tingkat Kabupaten dan Kota, serta para pembina pendamping PMR mulai dari tingkat mula, madya dan wira. Peserta berangkat menuju lokasi kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional Ke-9 Tahun 2023 pada Kamis 29 Juli 2023 pukul 15.30 wib dari Markas PMI Provinsi Sumatera Utara. Peserta sampai di lokasi acara Jumbara PMR Tingkat Nasional 2023 pada Sabtu 01 Juli 2023 pukul 06.00 wib di Taman Agro Wisata Way Handak, Lampung Selatan.


Sesampainya seluruh peserta dari dari setiap provinsi di Indonesia, maka selanjutnya para peserta mengikuti kegiatan Parade Karnaval Budaya pada senin, 03 Juli 2023, pukul 15.00 WIB yang dimulai dari Lapangan Cipta Karya hingga Lapangan Korpri Pemda, kegiatan ini diikuti oleh 34 Provinsi yg ada di Indonesia dan 13 Negara sahabat.


Pada hari yang sama, yaitu pukul 20.00 WIB, Ananda Amanda Chayara Alima kembali menjadi siswa yang terpilih. Kali ini Amanda terpilih menjadi peserta perwakilan PMR Madya untuk menghadiri undangan jamuan makan malam bersama di rumah dinas Bupati Lampung Selatan pada Senin 03 Juli 2023 pukul 20.00 WIB. Jamuan makan malam ini juga dihadiri oleh Raline Shah selaku anak sulung dari ketua PMI Provinsi Sumatera Utara Bapak Rahmat Shah



Pembukaan resmi kegiatan Jumbara dilakukan pada Selasa, 04 Juli 2023 pukul 08.00 WIB. Pembukaan JUMBARA PMR Tingkat Nasional di Stadion Sejati Lampung Selatan yg dibuka langsung oleh Ketua PMI Pusat Bapak Yusuf Kalla.


Kegiatan Jumbara PMR Nasional masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan dengan berbagai kegiatan bermanfaat dan tentunya akan menjadi pengalaman berharga bagi para peserta. Semoga kegiatan ini akan terus diadakan sebagai sarana menjaring putra-putri terbaik negeri ini yang tentunya akan menjadi penerus bangsa.

Comments


bottom of page