• Al-Amjad

Kisah Inspiratif Ramadan. Dahsyatnya Bersedekah

“Sedekah bisa menolak bala (mara bahaya) dan menjadikan umur panjang.”


Pada zaman nabi Sulaiman AS hiduplah seorang keluarga diceritakan mempunyai pohon besar disamping rumahnya, di pohon itu terdapat sarang burung yang berisi beberapa anak merpati. Kemudian laki laki itu mengambil anak merpati itu dan menjadi anak anak mereka, selepas kejadian itu induk merpati mengadu kepada nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman mengundang laki-laki itu dan menyuruhnya untuk bertobat, dan dia berjanji tidak akan mengulangi nya lagi. Suatu hari istrinya menyuruh dia untuk mengambil anak merpati itu lagi. Awalnya laki-laki itu menolak, tapi dengan rayuan istrinya akhirnya laki-laki terbujuk dan melakukan nya sampai beberapa kali.

Induk merpati mengadu lagi dan nabi Sulaiman marah terhadap laki-laki itu. Kemudian nabi Sulaiman menugaskan jin untuk menjaga pohon tersebut dan menjaga supaya jangan sampai laki-laki itu mengambil anak merpati lagi. Ketika merpati sudah beranak lagi, laki-laki itu memanjat lagi, tiba-tiba datanglah seorang fakir mengetuk pintu rumahnya lalu dia menyuruh istrinya untuk membersihkan sesuatu.

Istrinya berkata,

Aku tidak punya apa-apa,"

Lalu laki-laki itu turun dari pohon dan memberikan segenggam makanan kepada fakir itu. Setelah itu dia kembali memanjat pohon dan mengambil lagi anak merpati. lalu induk merpati mengadu lagi dan Nabi Sulaiman semakin marah dan memanggil kedua jin yang ditugaskan menjaga pohon tersebut. Jin itu menyebutkan ketika kami hendak menjatuhkan laki-laki itu, tiba-tiba datang dua malaikat yang melemparkan kami kedua arah yang berlawanan secara berjauhan.

Sedekah memang membawa berkah. Tidak pandang sebesar apa nilai yang kamu sedekahkan, berbekal jiwa yang tulus dan ikhlas maka Allah subhanahu wa ta’ala akan senantiasa membalasnya. Tidak melulu dibalas dengan materi, melainkan bisa dari kelancaran dan kemudahan dalam urusan, keluarga dan teman yang positif dan membangun, bahkan kesehatan jasmani dan rohani. Yang terpenting adalah, perbanyaklah sedekah dan berbagi kebaikan kepada sesama.