top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Mabit Akbar di Ramadan Nights

Bulan ramadan merupakan bulan yang selalu istimewa bagi semua umat muslim tanpa terkecuali peserta didik Al-Amjad tentunya. Nikmatnya beribadah bersama-sama, dilengkapi dengan ragam aktivitas bertajuk “Ramadan Bermakna” menjadikan bulan suci ramadan adalah bulan yang selalu dirindukan di sekolah ini.



Kegiatan di bulan yang penuh kemuliaan selalu menjadi agenda besar yang tiap tahun dikemas dengan cara unik dan berbeda. Al-Amjad Ramadan Night digelar kedua kalinya pada tahun ini dengan mengusung kegiatan Mabit Akbar di sekolah. Mabit Akbar sebagai simbol beribadah, memaknai, serta mencapai puncak kemenangan di bulan ramadan dalam bingkai kebersamaan.


Berlatih Mandiri

Mabit ini dilaksanakan selama 1 malam di sekolah berbekal barang seadanya. Seluruh peserta didik diberikan tantangan hanya membawa 1 buah ransel yang berisi perlengkapan pribadi dan dibawa sejak pagi dari rumah. Dalam kesempatan bermalam di sekolah, peserta didik juga akan berlatih hidup mandiri tanpa bantuan orang tua seperti kebiasaan di rumah masing-masing. Salah satu hal yang terpenting adalah sikap dan kesadaran diri dalam beribadah juga akan terlihat selama kegiatan.


Selain berlatih mandiri, peserta didik juga diajak untuk merasakan nikmatnya kebersamaan dalam melakukan kebaikan. Mabit Akbar ini menjadi ajang untuk saling mengenal lebih dalam antar teman, membangun rasa solidaritas, dan menumbuhkan semangat tolong menolong. Kebersamaan ini tidak hanya dirasakan saat beribadah, tetapi juga dalam setiap aktivitas yang dilaksanakan.


Beribadah dan Berkreasi

Aktivitas yang diikuti oleh peserta mabit ini yaitu buka puasa bersama sambil menyaksikan penampilan teman sejawat menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi peserta didik untuk terus berkarya dalam ruang lingkup kegiatan apapun di sekolah. Ada pula tausyiah, tarawih dan tadarus, memainkan games kekompakan yang penuh dengan pesan-pesan keagamaan, tahajud, sahur bersama, hingga olahraga pagi menjelang penutupan acara.


Membangun Karakter Islami

Rangkaian kegiatan dalam ramadan night ini menggambarkan proses dan refleksi dari hal-hal kebaikan di bulan ramadan yang penuh berkah. Kegiatan Mabit Akbar di Al-Amjad tidak hanya fokus pada ibadah, tetapi juga pada pembentukan karakter Islami. Melalui tausiyah dan kegiatan reflektif lainnya, peserta didik diajak untuk merenungi makna dan tujuan dari setiap ibadah yang dilakukan. Sikap sabar, ikhlas, dan disiplin ditanamkan dan diharapkan mampu diaplikasikan di keseharian peserta didik tidak hanya saat mabit seperti ini.


Peserta didik juga diajak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah setelah selesai sahur bersama dan sebelum acara penutupan. Ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang juga merupakan bagian dari tanggung jawab seorang muslim.


Mabit Akbar Ramadan Night ini diharapkan dapat menjadi momen yang berkesan dan bermakna bagi seluruh peserta didik. Selain itu, makna-makna yang tertuang dalam setiap aktivitas di dalamnya juga diharapkan dapat diamalkan setiap harinya tidak hanya di bulan ramadan.

Comments


bottom of page