• Admin

Mendampingi Anak Belajar Al-Qur’an dari Rumah



Tarbiyatul aulad atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah “parenting” merupakan hal yang harus diperhatikan bagi orang tua. Sebab tak bisa dipungkiri, anak adalah anugerah terbaik sekaligus amanah dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan Q.S. At-Tahrim ayat 6, yang artinya Allah memerintahkan agar selalu memelihara diri kita dan keluarga dari api neraka. Pendidikan dan pola asuh yang tepat menjadi hal penting agar kelak anak tumbuh dengan akhlakul karimah.

Di masa pandemi ini, waktu bersama keluarga lebih terasa daripada biasanya. Hal ini menjadi kesempatan bagi orang tua untuk lebih dekat dengan anak dan membimbingnya sesuai ajaran islam. Dalam upaya tersebut, Perguruan Islam Al-Amjad bermitra dengan Wafa Indonesia mengadakan seminar Quranic Parenting “Mendampingi Anak Belajar Al-Qur’an dari Rumah” yang dilaksanakan pada 27 Maret 2021 secara daring. Seminar ini diikuti oleh tenaga pendidik dan orang tua peserta didik, mulai dari tingkat TK hingga SMA.



H.M. Yamin, ST. M.Pd. sebagai pembicara dalam seminar menyampaikan bahwa peran Ayah dan Bunda sebagai orang tua adalah menunjukkan perhatian melalui doa khusus per anak, menciptakan komunikasi yang sehat, mengungkapkan cinta dan kasih sayang melalui tindakan, dan memberikan kebijaksanaan dan keteladanan. Selain itu, agar mendampingi belajar Al-Qur’an anak di rumah berjalan lancar, tips dan triknya yaitu dengan mendoakan dan tumbuhkan semangatnya, mengatakan bahwa belajar Al-Qur’an itu mudah sebagaimana surah Al-Qomar: 17, 22 32, 40, belajar Al-Qur’an secara bertahap dan menikmati belajar Al-Qur’an ( dari huruf demi huruf, ayat demi ayat dan surat demi surat), karena setiap hurufnya pahala dan Allah menilai ikhtiar kita bukan hasilnya.


Selanjutnya, penggunaan hp harus disesuaikan dengan seberapa besar tanggung jawabnya. “Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik.” (Q.S. An-Nisa: 5)



Menerapkan Quranic Parenting memang tidaklah mudah. Orang tua harus memiliki kesabaran, ketelatenan agar si kecil tumbuh dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Dengan begitu, harapan akan sang buah hati yang tumbuh menjadi anak saleh atau salehah dapat terwujud.