• Al-Amjad

Menjadi Orang Terkaya di Akhirat


Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 yang jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 adalah salah satu hari penting bagi umat islam yang memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Lazimnya di Indonesia perayaan tahun baru Islam diperingati dengan tradisi yang cukup unik. Mulai dari kirab Muharram, pawai obor, serta berbagai perlombaan islami dalam rangka hijrah dari hal-hal buruk menuju kebaikan.


Tahun baru, waktunya bermuhasabah untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri. Yayasan Perguruan Al-Amjad bersama WAFA memberikan pelatihan Al-Quran kepada guru-guru sebagai wujud konkret dalam peningkatan kualitas guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih maksimal dan juga momentum berharga agar terus menjadi pribadi yang lebih baik. Pelatihan Al-Quran yang digelar sejak 28 Juli 2022 berlangsung tiga hari hingga 30 Juli 2022 yang bertepatan dengan 1 Muharram 1444H.


Naiknya case covid-19 pada tahun lalu membuat absennya pelatihan WAFA selama dua tahun oleh karena tidak memungkinnya trainers WAFA terbang ke kota Medan. Badai pasti berlalu, ikhtiar dan doa kita selama masa pandemi akhirnya berbuah manis. Saat ini, kasus covid-19 sudah jauh menurun dan pembelajaran di Al-Amjad sudah seratus persen tatap muka. Diharapkan pelatihan Al Quran ini dapat membangun mutu pendidikan yang superior di setiap kelas dan terintegrasi dengan ilmu dunia yang didapat siswa.



Updrading Al-Quran dihadiri oleh para trainers yang dengan kemurahan hatinya membagikan ilmu kepada guru di Al-Amjad, di antaranya adalah Ustadz Bayu Prasetyo S.Pd., Ustadz Mashuda S.Pd., dan Ustadz Dody Tisna, M.Pd yang diikuti oleh seluruh guru dari berbagai mata pelajaran. Alhamdulillah dari hasil tashnif, 95% guru menunjukkan peningkatan 1-2 level untuk kualitas tilawah. Tak hanya sampai di situ, trainers juga membagikan ilmu untuk tahsin yang lebih menyenangkan dan menghafal Al-Quran dengan tips dan metode yang seru untuk diimplementasikan di kelas.


Di hari terakhir Upgrading Al-Quran, Ustadz Dody sampaikan bahwa para guru di Al-Amjad adalah calon orang terkaya di akhirat. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pertemuan selama tiga hari ini adalah dalam rangka taat kepada Allah dan menyiapkan amal yang usia amal itu jauh melebihi usia kita. Trainer yang berasal dari kota Surabaya ini berpesan, “Abi dan Umi akan jadi orang terkaya. Ilmu ini akan kita ajarkan ke siswa kita, bahkan ketika hanya tinggal nama kita yang tersisa di batu nisan dan siswa melantunkan ayat-ayat suci dari yang kita ajarkan, Insya Allah pahalanya akan terus mengalir pada kita.”


WAFA mengungkapkan rasa bangganya kepada Al-Amjad untuk keikhlasan hati Abi dan Umi yang saling menyemangati dan istiqomah dalam belajar Al-Quran selama pelatihan ini yang dibuktikan dengan kenaikan level tilawah para guru. Waktu terus berjalan, ada banyak hal yang mungkin tertinggal, tak lantas menjadi kemunduran iman dan taqwa. Mudah-mudahan amalan baik kita di tahun lalu bisa kita tingkatkan dan amalan buruk bisa kita tinggalkan. Semoga kita semua dapat menata kembali kehidupan ke arah yang lebih bermakna dan bermanfaat. Selamat tahun baru Islam 1444 H. (ptr)



“Memutuskan mengajar Quran berarti memutuskan menjadi karyawan Allah, berarti Allah akan menjamin dirinya, hidupnya, dan keluarganya.” – Ustadz Dody Tisna.