• Al-Amjad

Menumbuhkan jiwa sosial dan kewirausahaan melalui praktik Market Day


Mungkin ketika mendengar kata “IPS”, yang terlintas dalam benak peserta didik adalah menghapal. Lain halnya dengan pembelajaran IPS di SMP Swasta Al-Amjad Medan yang mengutamakan praktik agar peserta didik merasa bahwa semua yang dipelajari dapat bermanfaat untuk kehidupannya.

Salah satu praktik pembelajaran IPS yang digemari oleh peserta didik adalah Market Day. Kegiatan ini memberikan kesempatan pada seluruh peserta didik menjadi pelaku usaha dari barang dagangan yang dihasilkan sendiri. Aneka barang dagangan berupa makanan digelar di stand-stand yang telah tersusun rapi lengkap dengan daftar menu dan harga. Rincian harga tentunya sudah dibuat jauh hari bersama guru IPS dengan mempertimbangkan untung-rugi dalam dagangan.

Kegiatan ini diwarnai dengan riuh dan ceria karena pembeli antusias memilih aneka ragam makanan dan penjual pun dengan semangat menawarkan dagangan. Kegiatan tawar-menawar juga tampak pada market day ini.

Penggabungan ilmu dari beberapa mata pelajaran juga terlihat dari praktik ini, yaitu bagaimana cara peserta didik merancang ide bisnis yang telah dipelajari dalam IPS, seni dan bahasa dalam kegiatan negosiasi, menghitung untung-rugi sesuai syariat islam tentunya.

“Beberapa pengembangan market day ke depannya akan diinovasikan dengan hal-hal yang lebih modern sesuai perkembangan perdagangan masa kini. Mungkin di semester depan kita akan mencoba promosi melalui media social atau kita akan menjual hasil praktik mata pelajaran Prakarya tentunya berkolaborasi dengan guru Prakarya. Diharapkan dengan kegiatan ini peserta didik kita menjadi individu yang kreatif, berjiwa wirausaha, dan mampu berpikir cepat dan tepat menciptakan usaha sendiri,” tutur Pitriana selaku guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang mendalangi kegiatan ini.

Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.