• Al-Amjad

MENYAMBUT KEMERDEKAAN di MASA PANDEMI


Perayaan kemerdekaan tahun 2020 terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja hal ini dirasakan oleh rakyat Indonesia, khususnya pelajar. Pasalnya, menyambut tanggal 17 Agustus biasanya para pelajar disibukkan dengan berbagai perlombaan yang diadakan di sekolah masing-masing.


Begitu pula dengan upacara bendera. Perhelatan pesta kemerdekaan setiap tahunnya dimulai dengan upacara bendera yang khusus dibawakan oleh pasukan paskibra. Namun, di tengah pandemi ini tentu tidak bisa kita lakukan. Hanya bermodal layar virtual para pelajar dapat menyaksikan upacara bendera dengan hikmat dari rumahnya.


Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat guru dan pelajar SMA Al-Amjad Medan untuk memaknai kemerdekaan. Rasanya tidak sah jika peringatan hari kemerdekaan dirayakan tanpa adanya upacara dan ragam perlombaan. Untuk itu, SMA Al-Amjad berupaya untuk mengadakan perlombaan yang dilakukan secara daring. Perlombaan diumumkan di media sosial (instagram SMA Al-Amjad) seminggu sebelum tanggal 17 Agustus. Antusias peserta didik sangat besar. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengikuti perlombaan dan pengumpulan karya sebelum batas waktu yang ditentukan. Adapun perlombaan yang bisa diikuti peserta didik secara daring yaitu lomba memasak dan menghias makanan, penaikan bendera merah putih, poster kemerdekaan, dan penulisan artikel. Semua perlombaan tersebut tentu saja mengusung tema kemerdekaan.


Bukan hanya peserta didik. Mengikuti perlombaan daring sudah pasti melibatkan kerja sama dengan keluarga di rumah. Berkat bimbingan orang tuanya, peserta didik mampu menorehkan karya yang luar biasa sekaligus memaknai hari kemerdekaan bersama keluarga tercinta. Mulai dari memikirkan ide sesuai tema, menyiapkan alat dan bahan perlombaan, hingga proses penyelesaian karya dilakukan bersama.


Karya-karya peserta didik tersebut diunggah di akun instagram, sehingga siapa saja dapat menikmati karya dari peserta didik dengan melihat foto dan video yang dikirimkan. Tak sedikit warganet yang menyukai foto dan menyaksikan video yang disuguhkan. Semakin dekat hari pengumuman, persaingan “like” foto maupun video pun semakin ketat. Nilai akhir yang dihasilkan menjadi salah satu pedoman juri untuk menentukan pemenang. Setelah diskusi panjang, akhirnya dipilihlah pemenang dari masing-masing lomba.


Pemenang lomba juga diumumkan di akun instagram. Sebagai apresiasi, pihak sekolah sudah menyiapkan penghargaan yang akan diberikan kepada pemenang dalam bentuk voucher uang sekolah, sertifikat, dan piala. Tetap semangat dan terus berkarya adalah harapan guru terhadap semua peserta didik untuk memaknai kemerdekaan di masa pandemi demi mewujudkan Al-Amjad kreatif, Indonesia maju.

Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.