top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Parenting bersama Ustadzah Oki Setiana Dewi

Dalam proses mendiidk anak, salah satu hal terpenting adalah keselarahan edukasi yang diajarkan oleh sekolah dengan pola pengasuhan orang tua yang ada di rumah. Bentuk kerja sama antara kedua belah pihak tersebut adalah sebuah mata rantai yang tidak boleh terputus.


Di Al-Amjad, peran serta orang tua dalam mengoptimalkan proses pendidikan anak-anak sangat diutamakan. Dengan berlandaskan Alquran dan hadis sebagai dasar kegiatan belajar mengajar di sekolah, Al-Amjad berupaya agar peserta didik di sini akan menjadi generasi yang rahmatan lil ‘alamin.


Seminar parenting adalah kegiatan rutin yang tidak pernah alpa di tiap tahun ajaran. Tahun ini Al-Amjad menghadirkan seminar parenting bersama Ustadzah Oki Setiana Dewi yang membahas tentang “Menjadi Madrasah Pertama Bagi Anak.”


Di dalam kesempatan ini, Ustadzah Oki menyampaikan beberapa kisah islami, ayat suci Alquran, dan hadis-hadis dan di dalamnya tertuang ragam ilmu parenting yang dapat dijadikan sebagai dasar menerapkan nilai-nilai agama pada gaya pengasuhan anak.


Dalam seminar ini, Ustadzah Oki Setiana Dewi juga menekankan pentingnya membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Beliau memberikan tips praktis tentang bagaimana orang tua dapat mendengarkan dan berbicara dengan anak-anak mereka dengan cara yang penuh kasih sayang dan pengertian. Dengan komunikasi yang baik dan musyawarah, hubungan antara orang tua dan anak akan menjadi lebih harmonis, dan anak-anak akan merasa lebih dihargai dan dipahami. Pola komunikasi seperti ini juga diajarkan di dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.



Ustadzah Oki juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana nilai-nilai Islami bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Beliau menyarankan untuk mengintegrasikan ajaran-ajaran Alquran dan hadis dalam aktivitas harian seperti berdoa bersama, mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kejujuran, kerja keras, dan kepedulian terhadap sesama. Hal ini diharapkan dapat membantu anak-anak menginternalisasi nilai-nilai agama dengan lebih baik.


Selain itu, seminar ini juga membahas pentingnya peran ayah dalam mendidik anak. Ustadzah Oki menekankan bahwa pengasuhan bukan hanya tanggung jawab ibu, tetapi ayah juga memiliki peran yang sangat penting. Kehadiran dan keterlibatan ayah dalam aktivitas sehari-hari anak dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan anak, baik dari segi emosional maupun spiritual.


Antusias orang tua juga dilihat pada sesi tanya jawab dimana mereka berkesempatan mengajukan pertanyaan seputar kendala atau pertanyaan yang berisi permintaan saran untuk lebih maksimal dalam menjalankan peran sebagai madrasah pertama bagi anaknya.


Di akhir seminar, Ustadzah Oki Setiana Dewi menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam mendidik anak. Beliau menyampaikan bahwa keselarasan antara pendidikan di sekolah dan pengasuhan di rumah adalah kunci untuk membentuk karakter anak yang kuat dan berakhlak mulia. Orang tua dan guru diharapkan untuk terus berkomunikasi dan bekerja sama demi kebaikan dan kemajuan anak-anak.


Dalam praktiknya, kegiatan Seminar atau kajian parenting seperti ini menjadi salah satu pembekalan orang tua untuk dapat mengoptimalkan dukungan dan pengasuhan terhadap anak. Tak hanya itu, Al-Amjad juga akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya secara berkala yang bertujuan untuk terus mempererat sinergitas orang tua dengan sekolah dalam mendidik anak-anak tercinta.

Comentários


bottom of page