top of page
  • Writer's pictureAl-Amjad

Persiapkan Hal ini Sebelum Sekolah Esok

Liburan kali ini cukup panjang dan pastinya sangat seru, bukan? Kamu pasti sudah sangat merindukan suasana sekolah dan bermain dengan teman-teman. Kira-kira apa saja ya yang bisa kamu lakukan untuk persiapan masuk sekolah agar lebih semangat?



Rasa yang selalu timbul ketika mengingat hari pertama masuk sekolah adalah campur aduk antara senang, takut, dan penasaran menerka-nerka tentang kegiatan menarik apa yang akan dijalani. Untungnya, di Al-Amjad akan selalu ada hal yang baru untuk menambah semangat baru bagi peserta didiknya. Salah satunya adalah Al-Amjad Firstweek 24/25 yang sudah dipersiapkan oleh semua guru selama hari libur untuk ananda tercinta.


Nah, sekarang kamu tidak perlu takut atau cemas lagi.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk persiapkan diri dalam memulai aktivitas belajar dan rutinitas di tahun ajaran baru.


1.    Tahun Ajaran Baru adalah Kesempatan


Tips pertama adalah mengambil kesempatan hari pertama masuk sekolah sebagai langkah awal memulai hal-hal baru. Jika selama ini kamu merasa belum maksimal meraih pencapaian selama sekolah, maka inilah saatnya kamu untuk memulai kembali semangat yang kemarin telah pudar. Namun, jika tahun ajaran lalu kamu sudah berhasil mencapai prestasi, maka ini juga kesempatan untuk menambah motivasi agar kompetensi semakin meningkat. Jangan pernah lewatkan kesempatkan mengambil kesan di hari pertama.


2.    Menyusun Strategi Belajar


Untuk mendukung semangat belajar kamu yang masih segar, kamu perlu menyusun strategi belajar agar semua dapat berjalan sesuai rencana dan teratur. Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah membuat jadwal sesuai yang sudah dikirimkan oleh guru dan mengatur kegiatan tambahan untuk mempertahankan semangat kamu dari awal sampi akhir tahun ajaran. Contohnya, apabila kamu ingin memperdalam bakat kamu di bidang kecakapan berbahasa asing, maka kamu bisa mencari tempat kursus dengan mengatur waktu untuk memperdalam kemampuan tersebut.


3.    Melengkapi Buku Pelajaran


Ingatkan kembali orang tua untuk mengambil buku pelajaran yang sudah tersedia di sekolah agar kamu bisa mengintip dan sedikit mencari tahu garis besar pelajaran yang akan kamu pelajari nanti di kelas yang baru. Jika kamu punya persiapan walaupun sedikit, maka kamu sudah menjadi lebih unggul dibandingkan orang lain yang mungkin tidak melakukan hal tersebut. Kamu juga bisa mempersiapkan referensi tambahan untuk mendukung pelajaran selain dari buku yang didapatkan dari sekolah.


4.    Merapikan Alat Tulis dan Seragam Sekolah


Salah satu penambah semangat kamu dalam menjalani hari-hari di sekolah adalah memiliki kelengkapan alat tulis dan seragam sekolah. Kamu dapat mengelompokkan jenis alat tulis dan menyusunnya dengan rapi di atas meja belajar agar lebih mudah mengambilnya jika diperlukan. Untuk alat tulis yang digunakan di sekolah hendaknya sudah tersedia di dalam tempat pensil dan dimasukkan ke dalam tas. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan seragam sekolah satu hari sebelum dipakai agar kamu punya kesempatan banyak untuk tampil rapi di pagi hari tanpa tertinggal satupun kelengkapan.


5.    Menjaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi dan Istirahat yang Cukup


Hari pertama masuk sekolah pastinya membutuhkan energi yang lumayan besar karena akan banyak kegiatan seru-seruan yang sudah dipersiapkan guru. Maka, kamu harus menjaga kesehatan agar tetap fit dan lebih konsentrasi selama di sekolah. Makanlah makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup di malam hari agar kamu dapat bangun pagi lebih segar dan semangat.


Kamu sudah membaca 5 tips untuk lebih semangat menjalani hari pertama di awal tahun ajaran baru. Semua tips tersebut tidak akan membantu jika kamu tidak konsisten menjalankannya sampai akhir tahun ajaran nanti. Kamu harus menanamkan dalam diri bahwa tujuan bersekolah bukan hanya untuk mendapatkan nilai melainkan memperoleh ilmu yang akan berguna sepanjang hayat. Dengan memahami makna tersebut, maka kamu akan semakin rajin dan tidak akan pernah lelah menuntut ilmu dengan pergi ke sekolah setiap hari.

Comments


bottom of page