• Al-Amjad

Tak Mau Kalah dengan Anak, Orangtua Juga Belajar Metode WAFA

Pada rangkaian acara ALIF 2022, tak hanya para peserta didik, tetapi orang tua juga diajak berpartisipasi pada festival ini. Didampingi oleh Abi Ikhwan dan Umi Nurul sebagai mentor WAFA bagi tenaga pendidik di Al-Amjad, orangtua diajarkan juga bagaimana metode WAFA yang setiap hari dipelajari anak-anaknya di sekolah. Paling menonjol dari metode WAFA adalah nada tilawahnya yang berirama hijaz, salah satu dari tujuh irama tilawah Quran yang paling terkenal di Indonesia, yang membuat pelantunan ayat-ayat Al Quran menjadi indah dan merdu.



Abi Ikhwan dan Umi Nurul yang September lalu mengikuti pelatihan WAFA di Surabaya juga menginformasikan kepada orangtua bagaimana sistem penilaian WAFA yang didapatkan anak di sekolah. Abi dan Umi pun turut mereviu kembali hokum tajwid yang selama ini sudah diketahui namun pada kesehariannya terlupa untuk diamalkan.


“Kegiatan positif yang sangat baik untuk menambah ilmu orangtua agar selaras dengan pelajaran anak di sekolah.” Ucap Bunda Darrel dari kelas 3 Sunan Ampel saat mengikuti pelatihan WAFA yang diselenggarakan pada Rabu, 19 Oktober 2022. Beberapa orangtua yang hadir pada kegiatan ini mengungkapkan keinginannya agar pelatihan WAFA bagi orangtua bias dilakukan secara rutin dan berkelanjutan agar orangtua pun juga dapat mengetahui lebih lanjut tentang metode WAFA.


Orangtua dari Bilqis Zafeera kelas 2 Cut Nyak Dhien pun berkata demikian, dikarenakan keterbatasan waktu, hanya bagian “kulit” dari metode WAFA yang ia dapatkan, untungnya Abi dan Umi menyampaikan materi yang mudah dipahami oleh orangtua. Pendidikan yang baik tak berhenti ketika jam sekolah usai, tetapi terus berlanjut di rumah. Perguruan Al-Amjad senantiasa bersinergi dengan orangtua demi meningkatkan kualitas pembelajaran yang unggul dan bermutu baik di dalam maupun luar sekolah. Harapannya, pelatihan ini bisa menjadi modal untuk melanjutkan pembelajaran dengan pendampingan orangtua di rumah. (ptr)