• Al-Amjad

Upgrade Ilmu Kepemimpinan dan Adab Berorganisasi

“Organisasi ini mengurusi orang banyak di SMA Al-Amjad, bisa jadi hari ini kamu memimpin OSIS, 20 tahun ke depan bisa jadi kamu yang memimpin kota, provinsi, atau bahkan negara ini.” tutur Abi Abedul Baihaqi M.Pd., pengelola SMA Al-Amjad yang hari itu menjadi pemateri pada Upgrading dan Rapat Kerja Pengurus OSIS SMA Swaswa Al-Amjad masa bakti 2022/2023 yang diselenggarakan pada Rabu, 16 November 2022. Ada beberapa pemateri lainnya yang membagikan ilmu tentang kepemimpinan, budgeting, dan adab dalam organisasi.



Abi Baihaqi berpesan bahwa setiap kita adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Dalam memimpin sesuatu, khususnya organisasi, ada beberapa adab yang lebih didahulukan. Ada empat adab yang perlu dihperhatikan dalam berorganisasi, yaitu; tidak merasa paling benar, terbuka dengan semua orang, mendahulukan kepentingan bersama, dan tidak berorientasi one man show. “Biar ilmu sedikit, yang penting adab menggunung.” ujar Abi Baihaqi menutup pemateriannya siang itu.


Setelah upgrading, kegiatan dilanjutkan dengan rapat kerja yang dimulai dari pemaparan program kerja Fathurrahman sebagai ketua OSIS terpilih selama setahun ke depan. Rapat kerja ini melatih peserta didik agar nantinya di perkuliahan terbiasa berada di dalam suatu forum musyawarah untuk mengambil satu mufakat. Selain pengamalan sila pancasila yang keempat, peserta didik juga diperkenalkan dengan sidang semu agar belajar mengambil keputusan dan menjadi “kaleng” yang berisi ketika berbicara dengan kelompoknya.


“Dengan terlaksananya upgrading dan rapat kerja ini, pengurus OSIS mampu mengenal diri sendiri, apa kekurangan & kelebihannya, serta potensi apa yang dimiliki untuk dikembangkan. Kemudian tentunya harus jelas tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang. Sehingga semua pengurus bisa bekerja sama & sama- sama bekerja. Serta dapat menginspirasi siswa/i lain dalam mengemban tugas dan tanggungjawab.” pesan Umi Sri Wulandari, M.Pd. sebagai Pembina OSIS masa bakti 2022/2023. (ptr)