• Al-Amjad

Perayaan HUT RI ke 71


Bulan Agustus adalah bulan yang sangat berkesan bagi Bangsa Indonesia.Tepat 71 tahun yang lalu, para pendiri bangsa ini menyatakan kemerdekaan Negara kita tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penanda lahirnya Republik yang kita cintai ini adalah dikibarkan bendera pusaka di langit biru Ibu Pertiwi sambil dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, yang terbentang di sepanjang kpistiwa dengan keragaman bahasa, budaya, flora, dan fauna yang tersebar di tujuhbelas ribu pulau, sudah sepantasnya kita berbangga hati dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa ini.

Tanggungjawab yang harus kita wujudkan adalah cita-cita bersama yang telah diimpikan dan salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Tahun 2016 ini Pemerintah Republik Indonesia menyatakan tema HUT Kemerdekaan RI ke-71 adalah “Indonesia Kerja Nyata” dan Al-Amjad mewujudkan tema tersebut dengan ungkapan “Nyata bekerja dalam meningkatkan kualitas pendidikan Bangsa”. Ungkapan tersebut tidak hanya sekedar ungkapan yang tertulis di dalam spanduk, melainkan merupakan wujud nyata Al-Amjad dalam menciptakan generasi emas Bangsa yang akan bermanfaat bagi Nusa, Bangsa, dan Agama.

Al-Amjad berusaha dengan sungguh-sungguh dalam menciptakan sekolah sebagai rumah kedua dan sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi seluruh siswanya. Kebiasaan baik setiap anak akan ditumbuhkan semaksimal mungkin, serta lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat, dan keluarga akan terus ditingkatkan.

Keputusan Al-Amjad untuk menggunakan Kurikulum 2013 secara holistik dan mandiri juga sebagai wujud nyata pencapaian cita-cita Al-Amjad. Pendidikan karakter yang ditekankan dalam Kurikulum 2013 adalah salah satu hal penting yang berusaha kami wujudkan. Sebagaimana diketahui bahwa sikap, keterampilan, dan pengetahuan adalah tiga bagian yang akan disatukan dan menjadi bekal setiap siswa untuk beradaptasi dengan baik dalam lingkungan global yang dinamis dan beragam.

Pendidikan yang baik berawal dari keluarga dan orangtua adalah guru sekaligus sebagai panutan bagi anak karena sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama keluarga. Al-Amjad juga mendukung hal ini dengan mengimplementasikan penggunaan Buku Jurnal Siswa dan Buku Penghubung. Buku Jurnal Siswa adalah sebuah buku yang harus ditulis oleh siswa setiap harinya yang isinya mencakup berbagai informasi, diantaranya apa saja ilmu yang telah mereka dapatkan, dan pengalaman apa yang berkesan bagi siswa pada hari itu. Selain itu juga siswa dituntut untuk menuliskan hal yang mereka kurang pahami dan kurang mengerti. Buku ini juga harus dilihat, dibaca, dan ditandatangani oleh orangtua siswa.

Kami berharap dengan membaca buku ini, orangtua dan siswa dapat belajar bersama, mengulangi kembali pelajaran yang telah disampaikan pada hari itu, bahkan mengajak anak untuk menceritakan pengalamannya kembali kepada orangtua. Kami menginginkan hubungan yang erat dan harmonis antara setiap anak-orangtua setiap harinya. Buku yang kedua adalah Buku Penghubung. Buku ini merupakan salah satu bentuk komunikasi antara orangtua dengan wali kelas. Buku ini akan memberikan informasi mengenai aktivitas di sekolah, dan berbagai informasi yang relevan dalam membangun hubungan dan sinergi yang harmonis antara sekolah dengan orang tua dalam upaya menyukseskan pendidikan anak.

Keterampilan setiap siswa juga merupakan salah satu hal yang diprioritaskan dalam pendidikan anak. Siswa yang lulus dengan ketrampilan yang diperlukan untuk memasuki dunia global serta bisa memenangkan persaingan tersebut. Pendidikan keterampilan yang bermutu dan relevan adalah salah satu cita-cita yang harus diwujudkan.

Al-Amjad menyediakan dan memfasilitasi berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan memupuk dan mengasah keterampilan siswa Al-Amjad. Ekstrakurikuler yang dilaksanakan akan dibimbing dengan pelatih yang berkualitas, dengan silabus dan RPP yang terarah sehingga standar yang ditentukan dapat dicapai.

Ekstrakurikuler yang ada di Al-Amjad juga akan disesuaikan dengan minat dan bakat dari setiap siswa, karena kami percaya bahwa setiap siswa memiliki minat dan bakat yang unik dan berbeda dan kami memiliki tugas untuk mampu menumbuhkembangkan minat dan bakat tersebut sehingga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pada tahun 2045 Indonesia akan memperingati 100 tahun kemerdekaaan, kami percaya bahwa di pundak setiap siswa akan kami titipkan tugas membawa Indonesia kepada puncak kejayaannya.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.