• Al-Amjad

Ayo Cuci Tangan

Oleh: Nur Asyikin, M.Pd


Semua orang pasti sering mencuci tangan untuk membersihkan tangannya dari kotoran yang menempel di tangan tersebut. Dan sekarang juga sudah banyak cara ataupu panduan untuk mencuci tangan yang benar. Ditambah lagi dengan masa pandemi yang kita jalani sekarang yang mewajibkan kita untuk mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu. dimana-mana kita pasti banyak melihat westafel ataupun Drum yang berisi airuntuk mencuci tangan dan itu adalah sebagian usaha menjaga Protokol kesehatan ketika kita berada di luar rumah atau ditempat umum seperti Toko, Kantor, Sekolah, Pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Namun tahukan kalian manfaat dari mencuci tangan tersebut? Apalagi jika mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Sebelum kita berbicara kepada manfaat, kalian juga perlu tahu didalam agama Islam sangat menyukai kebersihan. Karena kebersihan itu adalah sebagian dari Iman. Jika ada seseorang yang selalu menjaga kebersihannya maka ia merupakan orang yang menjaga imannya. Seperti hadis di bawah ini:

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

“Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”



Jadi, sebagai umat muslim kita semua juga harus ikut menjaga kebersihan. Salah satunya dengan cara mencuci tangan. Nah, ada beberapa cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan yang disarankan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni:


  1. Pastikan kamu membasahi kedua tangan kamu dari telapak tangan sampai pertengahan lengan dengan air bersih yang mengalir baik itu hangat maupun dingin.

  2. Lalu tuangkan sabun dan oleskan ke kedua tangan kamu hingga menutupi seluruh permukaan kedua tangan.

  3. Lalu gosok kedua telapak tangan dan punggung tangan kamu secara bergantian. Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai benar-benar bersih. kemudian, bersihkan juga bagian bawah kuku. Dan jangan lupa bersihkan kedua ibu jari tangan dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian kanan dan kiri.

  4. Menggosok tangan setidaknya selama 20 detik

  5. Bilaslah tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir sampai tidak ada lagi kotoran atau sabun yang menempel.

  6. Keringkan tangan dengan menggunakan tisu, lap tangan, handuk bersih atau di bawah hand dryer.

Nah, jika kamu sudah mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar maka kamu akan mendapatkan manfaat dari mencuci tangan yang dikutip dari halodoc.com yakni:


1. Mencegah Beragam Penyakit

Menurut studi dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif untuk menghilangkan bakteri yang berpotensi berasal dari feses, ketimbang mencuci tangan dengan air saja. Para ahli di studi mengatakan, membersihkan tangan dengan sabun bisa mencegah penularan penyakit diare. Manfaat mencuci tangan dengan sabun tak hanya menyoal mencegah diare saja. Gaya hidup sehat ini juga bisa melindungi dari beragam penyakit-penyakit lainnya. Mulai dari COVID-19, flu, infeksi bakteri E.coli, sakit tenggorokan, hepatitis A, pilek, ISPA, hingga kecacingan.


2. Membunuh Kuman-Kuman

Bukan rahasia lagi kalau kuman-kuman penyakit mudah ditularkan melalui tangan. Nah, ketika kuman masuk ke dalam tubuh, maka risiko terserang penyakit semakin meningkat. Ingat, meski tangan terlihat bersih secara kasat mata, tapi kemungkinan masih ada kuman yang menempel. Menurut Kementerian Kesehatan - Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, mencuci tangan dengan sabun mampu membersihkan kotoran dan merontokkan kuman pada tangan. Kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan bila kita tidak mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Hal senada juga datang dari ahli di Harvard University. Menurut pakar di sana, sabun dan air adalah teknik atau cara efektif untuk membunuh kuman pada tangan.


3. Lebih Efektif dari pada Hand Sanitizer

Studi di American Society for Microbiology mengungkapkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lebih efektif daripada setetes gel dari hand sanitizer. Mencuci dengan sabun akan mengeluarkan sel-sel virus dari tangan kita, dan membilasnya dengan air akan menghilangkan virus sepenuhnya, dan langsung membuangnya ke saluran pembuangan. Selain itu, dibandingkan dengan hand sanitizer, air dan sabun lebih efektif untuk membersihkan tangan yang kotor dan berminyak.


4. Mencegah Potensi Resistensi Antimikroba

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), resistensi antimikroba (antimicrobial resistance/AMR), khususnya resistensi terhadap antibiotik, terus berkembang. Di Eropa, sekitar ratusan ribu pasien meninggal akibat infeksi yang terkait dengan perawatan kesehatan (health care-associated infections/HAI), dan penyakit yang disebabkan oleh resisten kuman terhadap obat antimikroba.



Nah, setelah melihat dari manfaat-manfaat mencuci tangan ini, apakah kalian masih tidak mau untuk rajin mencuci tangan? Tentunya tidak bukan. Karena dengan mencuci tangan selain menjaga kebersihanjuga akan mencegah virus yang masuk melalui tangan. Sehingga kita akan tetap sehat dan tentunya menjadi makhluk yang di cintai Allah, karena selalu menjaga kebersihan. Jadi ayo cuci tangan!