• Al-Amjad

Berkunjung ke Lantamal Belawan




Pada tanggal 12 Februari 2020, siswa-siswi kelas 3 SD Al-amjad berkunjung ke Lantamal 1 yang terletak di Jl. Serma Hanafiah, Belawan 1, Kota Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara 20122. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 dan berakhir di jam 12.00 WIB.


Untuk lebih memudahkan siswa memahami tema transportasi yang diusung pada semester ini, yaitu “Jenis- jenis transportasi dan fungsinya”. Fieldtrip ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk cara memperkenalkan siswa lebih dekat dan nyata dengan tema yang dipelajari. Nah, kali ini SD Al-amjad berkunjung untuk melihat kapal militer yang bersandar di dermaga Belawan. Melalui perjalanan wisata ini, siswa diperkenalkan mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL, garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, spesifikasi teknis kapal perang bersangkutan yang disampaikan oleh para TNI AL.


Sebelum siswa naik ke kapal, siswa dibagi menjadi 4 kelompok untuk mengefektifkan mobilisasi ketika mengunjungi bagian- bagian kapal yaitu, anjungan depan, ruang kemudi, geladak, buritan, lorong kamar, dan ruang makan. Kemudian, siswa dijelaskan tentang pentingnya fungsi kompas, fungsi sekoci dan alat-alat pendukung pelayaran lainnya. Selain itu, anak-anak juga diberi kesempatan untuk tanya jawab di ruang anjungan kemudi.


Dengan fieldtrip ini, siswa tidak lagi hanya sekedar membayangkan, mendengar cerita dari guru, orang tua atau hanya mengetahuinya dari bacaan, tapi menjalaninya langsung dan merasakan sendiri pengalamannya.


Dengan didampingi oleh guru pembimbing dan narasumber dari TNI AL, para siswa diajak berkeliling melihat seluruh bagian kapal dan senjata yang terdapat di dalam kapal. Tidak hanya siswa, guru-guru juga diberi kesempatan melihat kapal dari kejauhan dengan menggunakan teropong. Belajar sambil berwisata ke kapal adalah pengalaman yang menyenangkan. Walaupun kunjungan fieldtrip ini berfokus untuk mempelajari transportasi laut, namun ada begitu banyak pembelajaran yang diperoleh melalui perjalanan ini, seperti bersabar antri saat naik dan turun tangga kapal, mampu mengikuti instruksi guru dan awak kapal dengan baik serta saling mengingatkan antar teman agar tetap berada di jalur yang aman. Kegiatan fieldtrip diakhiri dengan berfoto bersama dengan Kapten kapal dan awak kapal.

Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.