• Al-Amjad

Kesiapan Sekolah, Kunci Mengubah Paradigma Musibah Covid-19 menjadi Hikmah


Saat ini dunia sedang mengalami perubahan pola kehidupan dari segala aspek. Perubahan tersebut terjadi akibat pandemi Covid-19 yang belum juga terpecahkan penyudahannya. Seluruh negara menjadikan musibah dunia ini sebuah topik utama yang memerlukan pembahasan pelik. Pasalnya, hanya karena satu virus seluruh pergerakan di berbagai lini kehidupan harus terhenti sementara.


Dunia pendidikan juga tidak luput dari imbas masalah ini. Kerugian dirasakan oleh semua pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan pendidikan di negara ini. Keputusan menteri pendidikan, Nadiem Makarim mengubah pola belajar di masa normal menjadi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi merupakan sebuah formulasi besar bagi Indonesia. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan menggunakan aplikasi daring menjadi wajah baru dalam kegiatan pendidikan di banyak daerah yang selama ini telah berdiam dan nyaman dengan metode pendidikan konvensional. Akibatnya, sangat banyak pro dan kontra pelaksanaan pembelajaran ini dikarenakan waktu yang terlalu mendesak dan kesiapan dari pendidik yang dinilai kurang.


PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH


Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh juga dilaksanakan di Perguruan Islam Al-Amjad Medan. Hal pertama yang dilakukan oleh pihak pengelola yayasan adalah memberikan bekal ilmu tentang wabah penyakit yang sedang terjadi dengan mengadakan diskusi interaktif antar guru dan dokter. Tindakan awal tersebut bertujuan agar guru sebagai pendidik memiliki tambahan ilmu, kesiapan mental, dan berpikir lebih inisiatif untuk menghadapi hal tidak terduga ke depannya. Nyatanya, pada saat ini benar-benar terjadi banyak hal tak terduga yang telah diprediksi dan diatasi dengan kesiapan tersebut.


Persiapan selanjutnya adalah membuat portal belajar khusus. Tim IT telah menciptakan sebuah portal belajar online yang dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik melalui laman website yang diberikan oleh sekolah. Tentunya Portal aplikasi pendidikan tersebut bertujuan untuk pengelolaan manajemen sekolah yang menghubungkan antara sekolah dengan orang tua dan siswa secara terintegrasi dalam satu aplikasi. Portal tersebut menyediakan fitur-fitur belajar mulai dari absensi, materi pembelajaran yang dapat diunduh, pengisian laporan kegiatan ibadah, serta jurnal harian untuk menuliskan pengalaman belajar. Guru-guru juga diberikan pelatihan singkat untuk perubahan pola pembelajaran, perangkat pembelajaran, cara menggunakan aplikasi-aplikasi online yang akan digunakan pada saat pembelajaran jarak jauh.


Selain portal belajar online melalui website dan platform meeting online, komunikasi belajar juga berlangsung melalui grup whatsapp. Di dalam grup tersebut, peserta didik akan menerima bimbingan dari guru tentang materi pendidikan karakter, evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan kecakapan hidup dalam menghadapi Covid-19. Evaluasi kegiatan dilakukan oleh guru setiap hari agar peserta didik tetap mendapatkan umpan balik atas semua yang dilakukan oleh mereka. Grup whatsapp juga digunakan oleh guru untuk berkomunikasi secara intens dengan orang tua tentang perkembangan peserta didik.

MEMINIMALKAN BEBAN ORANG TUA


Salah satu permasalahan yang timbul saat pembelajaran jarak jauh adalah tanggapan orang tua yang merasa disibukkan dengan harus menjadi guru di rumah untuk anak mereka. Oleh karena itu, selain pembelajaran daring Perguruan Islam Al Amjad juga menggunakan sistem pembelajaran luring menggunakan Lembar Kerja Interaktif yang disusun oleh para guru. Lembar Kerja tersebut diambil oleh orang tua ke sekolah tiap akhir pekan dengan mengikuti protokol kesehatan. Lembar kerja memuat ringkasan materi dan pertanyaan-pertanyaan sejalan dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Strategi pembelajaran luring ini diberikan oleh sekolah untuk mengatasi kemungkinan permasalahan yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran daring.





Melalui kombinasi pembelajaran daring-luring diharapkan agar pembelajaran dapat berjalan maksimal tanpa merepotkan orang tua. Fungsi orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh diutamakan sebagai pengawas dan pembimbing peserta didik agar melaksanakan rangkaian kegiatan sekolah dengan baik.


KUNCI SUKSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH


Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terletak pada kerja sama peserta didik, orang tua dan pihak sekolah. Selain itu, kesiapan sekolah juga menjadi ujung tombaknya. Perguruan Islam Al-Amjad adalah salah satu contoh sekolah yang memiliki kesiapan dengan kategori baik menghadapi perubahan pola pembelajaran saat ini. Kesiapan tersebut juga didukung dengan kemampuan dan kemauan guru sebagai penggeraknya.


Namun, di berbagai daerah lainnya mungkin mengalami kendala fasilitas dalam pelaksanaan pembelajaran ini. Kendala tersebut seharusnya menjadi sebuah tantangan bagi tiap sekolah untuk lebih kreatif menciptakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien walaupun tanpa aplikasi online atau media pembelajaran digital.


Kiki Fazrina, S.Pd., Gr.

Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2020. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.