• Al-Amjad

Kunjungan ke Pameran Alutsista

Oke, Hu Ha!

Siapa Kita? TNI 3x, Prajurit TNI, He!


Seruan prajurit TNI menyambut kemeriahan HUT TNI yang ke-77 di Lapangan Benteng, Medan. Suatu kehormatan bagi SMA Swasta Al-Amjad menghadiri undangan Pameran Alutsista yang diadakan selama sepekan, dimulai tanggal 16 Oktober 2022. Melihat secara langsung Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia selanjutnya disebut Alutsista TNI merupakan pengalaman yang baru bagi kami, peserta didik SMA Swasta Al-Amjad.


Menyaksikan pameran alutsista merupakan salah satu outdoor learning yang memberikan kesempatan pada kami untuk mengenal dan mencari tahu tentang persenjataan TNI. Selain itu, kami juga bisa mengenal lebih dekat dan bersahabat dengan profesi TNI, serta dapat menumbuhkan rasa aman pada kami dan masyarakat luas setelah melihat fasilitas teknologi dan kemiliteran yang modern tersebut.

Selain berbagai macam alat, kendaraan, baju pelindung, dan baju penyamaran juga dipamerkan. Tak hanya memamerkan, tetapi TNI turut serta menjelaskan karakteristik, kegunaan, dan cara pemakaiannya. Mengingat jika tidak sedang pameran, alat-alat khusus TNI tersebut tentu tidak dapat dinaiki secara bebas oleh masyarakat umum. Kami juga tidak melewatkan kesempatan untuk memegang senjata, mengenakan baju pelindung dan penyamaran, naik ke kendaraan perang, dan foto bersama. Perasaan semangat langsung terukir di dada kala mengenakan baju penyamaran sambil memegang senjata dan menaiki kendaraan tempur.

Jenis dan berat kendaraan-kendaraan, pakaian, serta senjata yang dipamerkan memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang digunakan untuk patroli dan untuk perang. Begitu pula dengan makanan. Ternyata tidak sembarangan. Kami mengetahui makanan khusus di lapangan langsung dari chef di sana. Beliau menjelaskan berbagai jenis makanan yang dimakan agar tahan di lapangan.


Selain mengundang beberapa sekolah, pameran ini juga dibuka untuk umum. Banyak warga Kota Medan yang berkunjung ke sana. Masyarakat jadi tahu tentang Alutsista TNI yang semakin canggih sambil menikmati berbagai makanan yang dijajakan di bazar makanan. Semoga dengan kegiatan ini peserta didik dapat menumbuhkan kecintaan serta jiwa nasionalisme terhadap negara dan mudah-mudahan acara ini berjalan setiap tahun dengan harapan TNI semakin maju dan berjaya dalam menjaga keutuhan NKRI.