• Admin

Pembelajaran Inovatif Kreasi Al-Amjad


Inovasi pembelajaran tetap dihadirkan di Al-Amjad di masa pandemi ini, sebagai salah satu upaya kita untuk tetap tidak kalah dengan keadaan. Salah satu inovasi pembelajaran yang dihadirkan adalah drive-thru learning untuk siswa jenjang PGTK. Apa itu drive-thru learning? Bagaimana pelaksanaannya? Baca terus artikel ini sampai tuntas ya...



Kata drive-thru atau dalam bahasa Indonesia yaitu layanan tanpa turun (lantatur) merupakan salah satu layanan yang biasanya hanya ada di restoran cepat saji. Pasti ananda sering diajak oleh Ayah dan Bunda untuk melalui drive-thru ini, yang memudahkan kita dalam memesan makanan tanpa perlu turun dari mobil. Al-Amjad juga punya layanan ini, namun ada beberapa perbedaan, yang akan dijelaskan lebih lanjut.



Sebagai sebuah sekolah, tentu layanan yang diberikan oleh Al-Amjad adalah pembelajaran. Adapun pembelajaran yang diberikan tentu saja mengusung konsep drive-thru, yaitu pembelajaran dari mobil. Jadi yang dilakukan adalah orangtua beserta anak pergi ke sekolah, tidak masuk ke kelas, melainkan Umi-uminya yang mendatangi mobil masing-masing dan memberikan pembelajaran langsung kepada anak.


Pembelajaran drive-thru ini dibuat untuk membuat anak yang sudah hampir satu tahun tidak belajar secara langsung untuk merasakan pengalaman belajar secara langsung. Walaupun belum sepenuhnya normal yaitu belajar di kelas, namun diharapkan dapat menjadi obat penawar rindu untuk bersekolah. Terlebih antusias siswa untuk belajar merupakan hal yang harus senantiasa dijaga, apalagi di masa kanak-kanak yang mayoritas merupakan waktunya bermain.



Alhamdulillah setelah melalui perencaan dan persiapan yang cukup matang, pembelajaran drive-thru pertama kali dilaksanakan pada Selasa (23/02) pagi. Pembelajaran ini berlokasi di area parkir sebelah barat Gedung Utama, yang juga berhadapan dengan Al-Amjad Convention Hall. Di area parkir ini, tersedia 18 slot mobil di mana tiap slot sudah standby seorang guru yang akan memberikan pembelajaran yang menarik.


Kegiatan yang dinamakan Active and Fun Drive-Thru Learning dimulai sejak pukul 8.00 WIB dan memiliki dua sesi, di mana masing-masing sesi memiliki durasi waktu 45 menit. Kegiatan tiap sesi dimulai dengan salam dan sapa dan perkenalan antar guru dan siswa, lalu dilanjutkan dengan kegiatan aktif, yakni senam supaya semangat.



Kegiatan senam di dalam mobil tentu tidak akan maksimal, sehingga pada kegiatan ini siswa disarankan untuk turun dan berdiri di samping mobil yang terparkir, kemudian di hadapannya (tentu berjarak) sang guru mengajak siswa untuk mengikuti gerakan senam tersebut. Senam ini dimaksudkan supaya anak segar kembali karena seringkali anak naik mobil maka akan ngantuk dan tertidur.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan eksperimen sains, yaitu firework in the bottle dan juga rain simulation. Kegiatan ini juga bukan hanya diperagakan oleh guru, melainkan siswa turut serta aktif mencoba dan bereksperimen sains tersebut dengan riang gembira. Termasuk para orangtua juga terlihat gembira. Hal ini terlihat dari semangat yang ditunjukkan orangtua dengan merekam dan mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan anaknya.



Dalam kegiatan drive-thru learning ini juga tentu diawali dan diakhiri dengan doa, yakni doa mau belajar dan doa naik kendaraan. Kegiatan ini juga diupayakan sangat mirip dengan restoran yang memiliki fasilitas drive-thru, yaitu Al-Amjad juga memberikan bingkisan kepada siswa. Bingkisan tersebut berisi tugas dan eksperimen yang bisa dikerjakan mandiri dan dibantu oleh orangtua di rumah, dan cemilan untuk perjalanan pulang nantinya.


Kegiatan drive-thru learning ini juga merupakan salah satu langkah kecil kita dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka nantinya, karena Al-Amjad juga memantau pemakaian masker dan face shield oleh guru, dan masker yang dikenakan oleh siswa dan orangtua, kemudian jarak yang tidak berdekatan, merupakan salah satu pembiasaan protokol kesehatan yang harus kita laksanakan dengan tanpa cela dan terawasi dengan baik.



Setelah selesai pembelajaran drive-thru, orangtua dan siswa kembali ke rumah masing-masing diiringi dengan lambaian tangan dari para guru dan juga lagu anak yaitu Sayonara. Semoga anak-anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan semakin gembira dalam belajar di Perguruan Islam Al-Amjad.


Jl. Merpati No. 81 (Ringroad)

Kel. Sei Sikambing-B

Kec. Medan Sunggal

Kota Medan 20122

(061) 4256 5253

(061) 4208 5547

0812 7682 7787

  • facebook
  • twitter
  • youtube
  • instagram

Copyright 2021. Yayasan Haji Hasballah Yunus - Perguruan Islam Al-Amjad. All Rights Reserved.